Edukeun - Edukasi Pelajar Indonesia

Apakah kamu boros? Ini adalah cara menghemat uang

Tips hemat uang

Edukeun - Jika Anda tidak tahu cara menabung, bahkan penghasilan besar pun tidak akan berarti. Pasalnya, sikap boros ini akan membuat sahabat Edu sering mengeluarkan uang untuk memenuhi keinginan sementara.
Menyimpan uang memiliki banyak keuntungan. Selain memastikan keamanan finansial di masa depan, Anda juga dapat memiliki anggaran ekstra untuk menikmati liburan, membeli barang atau mendapatkan hal lain yang Anda inginkan.

Anda dapat menghemat uang dengan cara berikut:

1. Merancang pembagian biaya

Cara menghemat uang yang pertama adalah membagi biaya untuk menyeimbangkan uang yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan bulanan, kebutuhan pribadi, tabungan dan kebutuhan lainnya.

Rasio pembagian biaya yang direkomendasikan adalah 50/30/20. Artinya, 50% pendapatan digunakan untuk kebutuhan dasar, 30% untuk kebutuhan pribadi, dan 20% untuk tabungan.

2. Mengunduh aplikasi pengatur keuangan

Pekerjaan yang sibuk terkadang bisa menjadi kendala dalam pengelolaan keuangan. Untungnya, ada banyak aplikasi manajemen keuangan yang dapat mencatat berbagai kategori pendapatan dan pengeluaran.

Setelah Anda menghabiskan uang sobat EDU, segera catat pengeluaran Anda di aplikasi. Jangan lupa untuk memeriksa hasil pada akhir minggu atau setiap bulan untuk memastikan pembelanjaan Anda tetap pada tingkat yang telah ditentukan.

3. Memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dulu 

Setelah mendapatkan penghasilan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memprioritaskan semua kebutuhan utama terlebih dahulu. Contoh kebutuhan utama termasuk tagihan bulanan, bahan makanan, dan hutang dagang.

Kemudian, simpan beberapa persen dari pendapatan. Sekalipun biaya pertama terlihat besar, Anda sebenarnya telah memenuhi semua kebutuhan selama sebulan penuh.

4. Bersabar sebelum membeli sesuatu

Ketika Anda ingin membeli sesuatu, cobalah untuk menekan keinginan ini. Ingat apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Pertimbangkan poin positif dan negatif dari barang yang dibeli.

Barang yang ingin Anda beli mungkin tidak mahal, tetapi pembelian impulsif dan berulang sebenarnya bisa menjadi sumber pengeluaran terbesar. Karena itu, praktikkan kesabaran sebelum berbelanja.

5. Membuat rekening bank khusus untuk menyimpan uang

Idealnya, Anda membutuhkan setidaknya dua rekening bank. Satu akun digunakan untuk transaksi harian, sedangkan akun lainnya digunakan sebagai tempat menyimpan uang.

Mencampurkan uang untuk keperluan dengan uang yang ditabung justru bisa membuat Anda semakin boros. Sisa tabungan tampaknya lebih banyak, meskipun setengahnya untuk kebutuhan darurat.

6. Memanfaatkan diskon dan promosi 

Saat berbelanja, makan di restoran atau membeli tiket liburan, coba cari diskon, promosi atau cash back. Metode hemat uang ini bisa membuat Anda bahagia sekaligus menjaga dompet Anda tetap aman.

Jika perlu, Anda juga bisa mendaftar sebagai anggota untuk mendapatkan promosi dari toko dan restoran yang menawarkan diskon. Pilih keanggotaan gratis agar teman Edu tidak perlu membayar ekstra.

7. Hindari berlangganan layanan yang tidak diperlukan 

Jika saat ini Anda berlangganan layanan TV kabel, streaming musik, dll., Coba pertimbangkan kembali manfaatnya. Langganan bulanan seperti itu mungkin merupakan salah satu sumber pengeluaran terbesar.

Jika Anda ingin berlangganan layanan hiburan, Anda dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar lebih hemat, pilihlah jenis paket dengan harga yang terjangkau daripada menetapkan masa layanan satu bulan.

mitra pendidikan bekerja keras untuk mendapatkan gaji yang layak. Menghemat uang dan menikmati anggaran ekstra adalah salah satu bentuk harga diri.

Oleh karena itu, jangan sia-siakan kerja keras Anda. Pada akhirnya,  Anda akan menghemat uang darinya. Yuk, mulai menabung sekarang agar kamu bisa menikmati efeknya di kemudian hari.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Posting Komentar