Edukeun - Edukasi Pelajar Indonesia

7 Manfaat bunga Lawang bagi anda

Bunga lawang

Edukeun Kebanyakan orang mungkin belum pernah mendengar tentang bunga adas. Tidak diragukan lagi bahwa bunga lawang bukanlah bunga biasa. Ini adalah bumbu unik dengan rasa yang kuat. Bunga lawan sering digunakan sebagai penyedap makanan karena aromanya yang kuat. Secara ilmiah bunga lawang disebut adas bintang.

Bunga berwarna coklat ini berbentuk seperti bintang dan terdiri dari delapan bagian. Ada biji kecil berwarna coklat di setiap bagiannya. Selain untuk masakan, bumbu ini banyak digunakan sebagai obat herbal, dan dipercaya memiliki banyak khasiat. Lantas, apa manfaat bunga Rawang?

Berbagai tumbuhan biasanya kaya akan nutrisi, termasuk La Xianghua. Bunga rawang kaya akan flavonoid dan polifenol, sehingga bila digunakan sebagai jamu, bumbu ini dianggap baik. Selain itu senyawa tertentu pada bunga ini juga bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Linalool

Quercetin

Limonene

Anethole

Asam galat

Asam shikimat

Mengandung berbagai senyawa tersebut, Laon Flower memiliki khasiat anti inflamasi, antioksidan dan antibakteri. Selain itu, rempah ini juga mengandung zat besi, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, lemak, dan serat makanan, yang juga bermanfaat bagi tubuh manusia. Jumlah kalori dalam bunga adas juga sangat rendah, yaitu 1 sendok makan bunga adas hanya mengandung 23 kalori.

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan

Sejak zaman kuno, bunga lawang telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok. Untuk mengetahui ciri kesehatannya, berikut berbagai manfaat bunga adas yang bisa kita peroleh:

Mengatasi flu

Bunga lawang dianggap dapat mengobati flu karena kandungan asam shikimatnya. Asam shikimat merupakan senyawa dengan sifat antivirus yang kuat, sehingga dapat melawan virus influenza. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak esensial adas dapat mengobati infeksi virus lain, seperti herpes simpleks tipe 1. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk masalah ini.

Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan yang relatif tinggi dalam adas dapat membantu melawan radikal bebas, terutama yang menyebabkan stres oksidatif kulit. Hal ini dapat meminimalkan munculnya kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, serta mencerahkan bekas luka dan flek, menjadikan kulit tampak lebih muda dan cerah.

Mengobati infeksi jamur

Khasiat antijamur bunga adas dipercaya mampu mengobati berbagai macam infeksi jamur, antara lain kandidiasis, kurap, dan kutu air. Teh bunga rawang dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan pertumbuhan jamur.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bunga dachshund dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab berbagai penyakit. Selain itu, sifat antibakteri pada bunga adas juga dipercaya mampu melawan beberapa bakteri yang kebal antibiotik.

Mengatasi insomnia

Sejumlah besar penelitian menemukan bahwa bunga adas memiliki berbagai efek penenang, yang berkaitan dengan kandungan antioksidan dan magnesiumnya. Kandungan tersebut dapat melepaskan neurotransmiter dan mendorong orang untuk rileks dan tertidur. Ini sangat bermanfaat bagi penderita insomnia.

Meningkatkan sirkulasi darah

Zat besi merupakan salah satu mineral esensial yang terdapat pada bunga adas, bahkan bisa mencapai 13% dari asupan harian yang direkomendasikan. Kandungan zat besi membantu meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan tingkat energi dalam tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan

Bunga adas mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam bunga lavender juga dipercaya dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, seperti mengurangi kembung dan kram, meningkatkan keseimbangan bakteri usus, dan menyerap nutrisi dengan baik. Kembang lawang bisa ditambahkan dalam masakan utuh atau dalam bentuk bubuk.

Selain itu, bunga lawang juga bisa direbus dengan air, ditambah teh cengkeh dan madu. Namun, pastikan untuk menggunakan bunga segi delapan secukupnya, sekitar tiga buah.

Beberapa orang mungkin alergi terhadap bumbu ini, jadi kita harus berhati-hati. Gejala alergi yang mungkin timbul, seperti gatal, ruam, gangguan pencernaan, dan peradangan. Oleh karena itu, pastikan kondisi Anda aman sebelum digunakan. Adas juga dapat menyebabkan interaksi dengan obat lain, seperti obat antikanker dan hormon.

Jika rutin minum obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi bunga adas. Jika Anda mengalami gejala tidak normal setelah makan bunga adas, segera dapatkan pertolongan medis.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Posting Komentar