Edukeun - Edukasi Pelajar Indonesia

Jelaskan apa itu Local Area Network (LAN) dan cara kerjanya

LAN

Edukeun
Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer dengan jangkauan jaringan area lokal. Jaringan area lokal menggunakan berbagai peralatan jaringan yang cukup sederhana.Peralatan jaringan yang digunakan dalam jaringan area lokal, seperti hub, sakelar, router, dan peralatan jaringan lainnya, dihubungkan melalui kabel UTP (unshielded twisted pair), seperti di kafe Internet, sekolah, dan perusahaan. Contoh penggunaan LAN, atau antar rumah yang masih mengcover area LAN

Keuntungan dari penggunaan LAN adalah adalah
  1. Lebih Irit dalam penggunaan Kabel
  2. Transfer data antar Node lebih cepat
  3. Cara Pembuatannya Cukup Mudah
  4. Memungkinkan untuk Sharing Printer
  5. Resiko kehilangan Data oleh virus tergolong kecil
  6. Antar client dapat berkomunikasi dengan mudah

Setelah memahami kelebihan jaringan LAN, maka perlu dipahami kelemahan penggunaan jaringan LAN, karena cakupan area jaringan LAN sangat sempit, tidak dapat berkomunikasi dengan jaringan luar, dan cakupan transmisi data yang tidak begitu luas.

Jika anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan jaringan LAN, maka tentunya kita perlu memahami LAN image yang sering digunakan saat ini.Sebagian besar LAN berbasiskan teknologi IEEE 802.3. Kecepatan transmisi data dari peralatan switching yang digunakan oleh Ethernet adalah 10, 100 atau 100 Mbit / s. Tempat yang menggunakan teknologi Wifi untuk menyediakan koneksi LAN disebut hotspot. Setelah memahami pemetaan LAN yang umum digunakan, tentunya Anda perlu memahami karakteristik jaringan LAN.

dibawah ini adalah Karakteristik jaringan LAN.

  1. Mempunyai Pesan Data Yang lebih Tinggi
  2. Meliputi Wilayah Geografis Yang Sempit
  3. Tidak memerlukan Jalur telekomunikasi yang disewa.
  4. Biasanya salah satu komputer yang adapajaringan LAN dapat berperan sebagai Server

Setelah memahami apa itu LAN, kelebihan menggunakan LAN, kerugian menggunakan LAN dan karakteristik LAN, perlu dipahami prinsip kerja jaringan LAN.

Perinsip Kerja Jaringan LAN

Seperti yang Anda ketahui bahwa LAN dibatasi oleh area, kita dapat mengetahui bahwa LAN dibatasi oleh lokasi fisik. Sedangkan untuk penggunaan LAN itu sendiri, semua komputer dapat saling terkoneksi dalam jaringan untuk saling berkomunikasi, sehingga perangkat jaringan dapat digunakan bersama dalam jaringan tersebut.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Posting Komentar