Edukeun - Edukasi Pelajar Indonesia

Apa manfaat sinar matahari bagi tubuh anda? Ini manfaatnya


  • Mengurangi gula darah
Sinar matahari adalah sejenis insulin alami, yang dapat dengan mudah menyerap glukosa ke dalam sel manusia. Inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glikogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses ini digunakan untuk menurunkan kadar gula darah.
  • Sinar matahari mengandung vitamin D
Ketika seberkas sinar ultraviolet disaring di kulit, itu mengubah kolesterol yang disimpan di kulit menjadi vitamin D. Hanya lima menit terpapar sinar matahari setara dengan 400 unit vitamin D bagi tubuh Anda.
  • Matahari membentuk & memperbaiki tulang
Paparan sinar matahari akan meningkatkan vitamin D dalam tubuh dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Penyakit ini merupakan solusi dari masalah pembentukan dan perbaikan tulang, yang dapat mencegah terjadinya penyakit dan osteomalacia.
  • Matahari meredam kolesterol darah
Ini adalah kelanjutan dari proses di atas. Setelah kolesterol di bawah kulit diubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh akan mengirimkan sinyal ke kolesterol di dalam darah agar darah masuk ke kulit. Melalui proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan tepat.
  • Matahari meningkatkan kebugaran pernapasan
Peningkatan kemampuan darah untuk membawa oksigen dan mendistribusikannya ke jaringan adalah salah satu manfaat sinar matahari pagi. Selain itu, sinar matahari pagi juga dapat meningkatkan kesehatan sistem pernafasan karena kandungan glikogen akan meningkat setelah terpapar sinar matahari.
  • Kekebalan tubuh
Saat kulit terkena sinar matahari pagi, sel darah putih (terutama limfosit) yang digunakan untuk menyerang penyakit bertambah. Secara tidak langsung, antibodi juga meningkat. Situasi ini akan berlangsung hingga 3 minggu. Menurut penelitian, paparan sinar matahari selama 10 menit sekali atau dua kali seminggu dapat menurunkan risiko masuk angin hingga 30-40%.
  • Matahari penawar infeksi & pembunuh bakteri
Manfaat sinar matahari dapat membunuh bakteri, virus dan jamur. Dalam pengobatan TBC, erisipelas, keracunan darah, peritonitis, radang paru-paru, gondongan dan asma, diperlukan terapi sinar matahari pagi. Bahkan beberapa virus yang menyebarkan kanker bisa dihancurkan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur termasuk Candida dan bakteri di udara bereaksi dan dapat dihancurkan oleh sinar matahari.
  • Tidur lebih nyenyak
Ini karena produksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang dapat membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Pada saat yang sama, produksi melatonin bergantung pada sinar matahari pagi. Oleh karena itu, tergantung seberapa banyak sinar matahari yang masuk ke dalam tubuh di pagi hari.
  • Menurunkan berat badan 
Salah satu manfaat berjemur di bawah sinar matahari pagi lainnya adalah membantu kita menurunkan berat badan. Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa jika kita memiliki waktu tidur yang cukup maka akan lebih mudah bagi kita untuk menurunkan berat badan.

Nah, sudah tahu kan manfaat matahari pagi? Mulai sekarang, sering-seringlah berjemur agar tubuh Anda lebih sehat.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Posting Komentar