Edukeun - Edukasi Pelajar Indonesia

Manfaat karakteristik kepribadian yang beragam

Kepribadian

EDUKEUN -
Keberagaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi penduduk Indonesia menunjukkan adanya perbedaan karakteristik pribadi dalam masyarakat. Adanya karakteristik individu dalam masyarakat sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Dalam masyarakat, khususnya dalam kegiatan ekonomi, keragaman ciri individu memiliki banyak manfaat lain. Contohnya adalah sebagai berikut.

1. Kembangkan sikap nasionalis.

Sikap setiap orang terhadap nasionalisme akan tumbuh dengan kecintaannya pada tanah air. Kecintaan pada tanah air tercermin dari sikap menerima keunikan keragaman masyarakat sebagai kekayaan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu, keragaman karakteristik individu sosial akan selalu dijaga masyarakat, bukan menghilangkan keragaman tersebut.

2. Ciptakan jati diri bangsa di mata dunia.

Berbagai negara di dunia menganggap keberagaman ciri sosial Indonesia sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Indonesia dikenal dengan berbagai karakteristik masyarakatnya, namun dapat mempersatukan keutuhan republik Indonesia.

3. Alat untuk mempersatukan negara.

Keberagaman ciri sosial bangsa Indonesia pada hakikatnya merupakan sarana pemersatu bangsa, bukan sebagai sarana perusak persatuan dan kesatuan bangsa. Menjaga persatuan persatuan dan kesatuan Kunci sukses adalah menjunjung tinggi semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda namun tetap satu.

4. Sebagai ikon perjalanan (PARIWISATA).

Keragaman karakteristik sosial Indonesia akan memperkaya khasanah budaya negara. Kekayaan ragam khasanah budaya bangsa Indonesia memberikan keunikan dan nilai indah tersendiri untuk menarik wisatawan mancanegara memahami dan memahami keanekaragaman budaya Indonesia.

5. Meningkatkan pendapatan nasional.

Dengan menjadi simbol pariwisata maka otomatis akan menambah devisa atau pendapatan negara. Hal tersebut terjadi karena banyak wisatawan mancanegara maupun domestik telah mengunjungi tempat wisata di Indonesia.

6. Kembangkan sikap toleran

Keberagaman masyarakat Indonesia menuntut seluruh rakyat Indonesia memiliki tingkat toleransi yang tinggi demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Toleransi antar komunitas dapat diekspresikan dengan menghormati perbedaan yang ada, memberikan bantuan tanpa mempertanyakannya, dan menjaga kepentingan bersama daripada kepentingan individu atau kelompok.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Posting Komentar