Edukeun - Edukasi Pelajar Indonesia

PANCASILA sebagai landasan nilai pengembangan keilmuan

PKN


1. Jelaskan dan berikan contohnya dari pernyataan berikut “Pancasila memiliki unsur – unsur keilmuan yang terdiri dari ontology, epistemology dan aksiologi, sebagai satu kesatuan yang utuh dan menyeluruh (simultan)”?

JAWAB:

Ontologi artinya ilmu pengetahuan alam yang mempelajari dunia nyata dan kondisi sebenarnya. Epistemologi merupakan ilmu yang membahas secara mendalam seluruh proses penataan pengetahuan yang benar. Sedangkan aksiologi adalah ilmu yang mempelajari hakikat nilai dari sudut pandang filsafat

Contoh: 

Ontologi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan (apa?), Epistemologi berkaitan dengan pertanyaan mengapa (mengapa?) Atau metodologi, dan teori nilai terkait dengan jawaban pertanyaan (bagaimana?), Yang kesemuanya ditujukan untuk mewujudkan kebenaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan. Pengetahuan, yaitu pengetahuan dengan objek tertentu, disusun secara sistematis, memiliki metodologi, dapat menguji / memeriksa kebenarannya, dapat diterapkan secara universal, dapat dipelajari dan diajarkan, serta disesuaikan dengan kebutuhan hidup manusia. Pengetahuan yang dinamis (fleksibel) dan berkembang. Karenanya, sains selalu bersifat fiktif.

2. Bagaimana dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu?

JAWAB:

Perubahan dan tantangan yang terjadi selama ini membuktikan bahwa Pam Casilla memang merupakan identitas bangsa yang tertanam kuat dalam kreasi (pemikiran), perasaan (feeling), niat (kehendak) dan karya (perilaku / tindakan). Menjadikan kebenaran dan eksistensinya tak tergoyahkan dalam jiwa dan raga bangsa Indonesia. Atas dasar itulah, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011, Pancasila telah ditetapkan menjadi sumber dari semua sumber hukum negara (Pasal 2).

Atas dasar itulah kebenaran nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip Pancasila tidak perlu dipertanyakan lagi dan harus dilaksanakan lebih lanjut dalam setiap dinamika kehidupan, termasuk dalam menghadapi dan / atau mengatasi tantangan yang dihadapi. Atas dasar itu, agar kelangsungan hidup Pancasila lebih berkelanjutan, perlu ditindaklanjuti melalui pengembangan keilmuan, terutama yang berkaitan dengan peningkatan upaya pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Posting Komentar