Edukeun - Edukasi Pelajar Indonesia

Jenis jaringan komputer LAN, MAN, WAN, PAN dan wireless

Jenis jaringan komputer

  1. Personal Area Network ( PAN )
  2. Local Are Network (LAN)
  3. Metropolitan Area Network (MAN)
  4. Wide Are Network ( WAN )
  5. Jaringan Tanpa Kabel ( Wireless)

kami akan membahas 5 jenis jaringan di atas.

1.  Personal Area Network ( PAN ) 

Personal Area Network (PAN) Jenis jaringan ini adalah jaringan pribadi. Ketika Anda menghubungkan komputer atau perangkat lain (seperti smartphone, keyboard, mouse, atau kamera) dengan perangkat lain, mereka membentuk jaringan pribadi Sistem atau Personal Area Network. Agar perangkat dapat terhubung satu sama lain secara normal, kita akan terhubung melalui port USB, atau kita dapat menggunakan teknologi nirkabel.

2. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, jenis jaringan ini biasanya menghubungkan koneksi antar komputer di area tersebut, seperti di kantor dengan luas tidak melebihi 2000 m. Tergantung jenis kabel yang digunakan. Jenis jaringan ini memungkinkan kita untuk berbagi sumber daya dan informasi satu sama lain. Salah satu kegunaan jaringan jenis ini adalah untuk berbagi printer dan file.

3.  Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang wilayahnya biasanya lebih besar dari jaringan area lokal antar wilayah provinsi. Jaringan area metropolitan menghubungkan beberapa jaringan kecil ke lingkungan regional yang lebih besar. Salah satu pengguna jaringan terlihat di kantor Kanto yang memiliki cabang di berbagai wilayah. Untuk menghubungkan dan bertukar data, dibentuklah jaringan Metropolitan Area Network.

4. Wide Are Network ( WAN )

Wide area network (WAN) adalah jaringan yang tersusun dari jaringan LAN dan MAN. Jaringan tersebut dikembangkan untuk infrastruktur jaringan, sehingga jangkauannya lebih jauh, yaitu dunia. Jangkauan WAN sangat besar, dan teknologi kabel satelit, nirkabel atau serat optik telah digunakan. Jika Anda ingin menggunakan jaringan WAN, Anda membutuhkan ISP (Internet Service Provider), seperti Telkom atau Indosat.

5. Jaringan Tanpa Kabel ( Wireless)

Jaringan nirkabel (wireless) atau jaringan tanpa kabel sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jenis jaringan ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi jaringan yang tidak dapat menggunakan kabel. Dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel, jaringan jenis ini dapat memberikan kecepatan akses yang lebih cepat. Namun jika jenis jaringan ini digunakan dalam sebuah gedung, efeknya tidak terlalu bagus karena akan menekan sinyalnya.

Kesimpulan : 

Personal Area Network ( PAN ) Personal Area Network (PAN) Jenis jaringan ini adalah jaringan pribadi.

Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, jenis jaringan ini biasanya menghubungkan koneksi antar komputer di area tersebut, seperti di kantor dengan luas tidak melebihi 2000 m. Tergantung jenis kabel yang digunakan.

Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang wilayahnya biasanya lebih besar dari jaringan area lokal antar wilayah provinsi.

Wide Are Network ( WAN ) Wide area network (WAN) adalah jaringan yang tersusun dari jaringan LAN dan MAN.

Demikian pembahasan tentang jenis-jenis jaringan komputer kali ini. Semoga bermanfaat. dan apabila ada kritikan dan saran silakan berkomentar pada kolom komentar.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Posting Komentar