Edukeun - Edukasi Pelajar Indonesia

Apa itu TKD atau Test Kompetensi Dasar?

TKD


Apa itu TKD?

TKD merupakan soal tes yang diturunkan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang terdiri dari tiga bagian yaitu Tes Kecerdasan Umum (TIU) Tes Wawasan Nasional (TWK) dan Tes Ciri Pribadi (TKP) yang biasanya digunakan untuk tes penerimaan dasar. PNS, namun belakangan ini sering digunakan dalam proses seleksi di berbagai sekolah negeri, seperti STMKG (BMKG), IPDN, STAN, dll. Pada dasarnya permasalahan TKD tentunya berbeda-beda untuk setiap jenjang pendidikan, apapun jenis masalah atau tingkat kesulitannya. Ijazah lulusan SMA akan berbeda dengan ijazah diploma / sarjana TKD.

Standarisasi

BKN telah menetapkan bahwa jika ingin lolos tahap ini maka peserta harus memenuhi kriteria evaluasi yaitu skor TIU tidak boleh kurang dari 75, skor TWK tidak boleh kurang dari 70, dan skor TKP tidak boleh kurang dari 126, sehingga skor minimal 271. Namun perlu diketahui bahwa misalnya TIU yang anda peroleh adalah: 120 TWK: 110 dan TWK 125, kalaupun mendapat nilai tinggi tetap tidak akan lolos karena tidak memenuhi standar di bagian TWK yang ditetapkan oleh BKN.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang berbagai sekolah negeri (seperti BIN, STAN, IPDN) silahkan kunjungi Gramedia, tempat yang memberikan banyak informasi.

Penilaian

Di TKD, sistem penilaian yang diterapkan BKN adalah 5 poin untuk setiap soal. Jika salah tidak akan ada pengurangan poin. Aturan ini hanya berlaku untuk bagian TIU dan TWK, dan TKP tidak boleh kosong. Nilai semua opsi didasarkan pada paling banyak Diurutkan jawaban yang sesuai, misalnya jika Anda menjawab pertanyaan opsi A, itu membuktikan bahwa A bukan jawaban yang paling benar, tetapi Anda tetap akan mendapatkan skor, sehingga rentang skor untuk jawaban paling benar adalah 1-5,5.

Jumlah Soal

Soal 200 soal, di antaranya TIU: 35 TWK: 30, dan TKP: 35. Jika semua mengerti, kami mendapat 35 poin dari TKP karena semua soal sangat berharga.

Waktu

Waktunya hanya 90 menit, jadi waktu personel dalam pengerjaannya kurang dari 1 menit

Materi Test Intelegensi Umum
  1. Keterampilan bahasa: sinonim (kesamaan kata), antonim (kata berlawanan), hubungan kata yang cocok dan pengujian kelompok.
  2. Keterampilan berhitung, meliputi: tes hitung (berhitung): tes deret bilangan, tes deret huruf, tes logika bilangan, dan tes bilangan dalam cerita.
  3. Kemampuan melakukan berpikir logis dan analisis tes logika umum, meliputi: tes analisis pernyataan, tes kesimpulan silogisme dan tes logika cerita.
Materi Test Wawasan Kebangsaan
  1. Pancasila
  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhinneka Tunggal Ika
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
  5. Tata negara 
  6. Kepemerintahan
  7. Sejarah Nasional
  8. Peran Indonesia secara internasional
Materi Test Karakteristik Pribadi
  1. Integritas diri
  2. Semangat berprestasi
  3. Kreativitas dan inovasi
  4. Orientasi pada pelayanan
  5. Orientasi kepada orang lain
  6. Kemampuan beradaptasi
  7. Kemampuan mengendalikan diri
  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
  11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Posting Komentar